Kaleidoskop Peluncuran Sport Bike Sepanjang 2020, Ada yang Dijual Rp 1 Miliar


 

dibenahi ansu fati di barcelona

Sejauh 2020 banyak produsen sepeda motor tawarkan produknya dengan virtual. Tidak seperti tahun awalnya, hal tersebut dikerjakan sebab pandemi Covid-19 menempa Indonesia. Walau demikian, tidak menurunkan semangat beberapa agen tunggal pemegang merk (ATPM) roda dua untuk mengeluarkan unit baru. Diantaranya tipe sports bike full fairing yang dikeluarkan tahun ini. Berikut ringkasannya.


Dianya pertamanya kali melantai di Tokyo Motor Show, persisnya pada Oktober 2019. Team OTO yang mengulas langsung di Jepang sukses mendokumentasikan figurnya. Motor dengan status world premier itu terpampang dengan bebatan livery team Kawasaki Racing Tim (KRT). Waktu itu tidak ada kepastian berkenaan detail selengkapnya. Paling menonjol cuman nampak 4 pipa exhaust yang berbuntut pada satu muffler di bawah body. Tetapi untuk featurenya telah diterangkan jika dianya dipasangkan quick shifter, Kawasaki Traction Control (KTRC) dan power modes.


Masuk di Desember 2019, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menyiarkan video teaser berkenaan takometer yang dapat berputar-putar sampai 20 ribu RPM. Di sana menunjukkan panel mtr. mode analog yang digabungkan dengan digital MID. Dan tetap jadi mistis mengenai power yang dibuat. Cuman memperlihatkan mesin Ninja ZX-25R terdiri 4-silinder dengan kemampuan 249 cc berpendingin cairan, DOHC, 16 katup. Diberi dual-keen LED headlight, fairing sporty dan buntut yang meruncing. Rangkanya gunakan teralis dengan high-tensile steel.


Awalnya 2020, kembali lagi Kawasaki memberi info secara masif mengenai Ninja 250 cc 4 silinder. Kesempatan ini memaparkan suara Ninja ZX-25R lewat video yang mereka tebar. Kedengar jika ia punyai perputaran mesin tinggi dan keluarkan suara seperti moge. Isunya waktu itu dia bertenaga 50 Ponsel.


Berita seterusnya KMI telah berani memajang Ninja ZX-25R secara jelas, persisnya pada 9 Januari 2020. Ditegaskan jika motor itu telah ada di Tanah Air. Bisa dibuktikan dari photo yang menyebar di situs media sosial (Instagram). Di sana memvisualisasikan keadaan kantor pusat KMI di bilangan Abdul Muis, Jakarta Pusat. Walau gambar jelas sudah, tidak ada info detil berkenaan perform atau dari sisi teknisnya. Di sini mulai ada isu jika dianya dibandrol Rp 100 juta-an.


Selang tiga minggu dari photo yang tersebar, tampil kembali video teaser jika Ninja ZX-25R melaju bersamaan dengan Kawasaki Bike Week (KBW) 2020. Dugaan kuat ia dikeluarkan di helatan tahunan itu, sebab terlihat simbol KBW 2020 dibarengi gambar mesin dengan konfigurasi empat silinder. Tidak ada pengakuan sah berkenaan waktu penyeluncuran, tetapi ada berita jika dikerjakan pada April 2020. Posisinya ditengarai ada di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara.


Pada Februari 2020, poster Kawasaki Bike Week berilustrasi mesin empat silinder sah dikeluarkan. Di sana tertera 4 April 2020 dan jadi waktu yang jelas berkenaan launching Ninja ZX-25R. KMI rupanya tentukan tanggal yang pas untuk menghasilkan produk globalnya itu. Disamakan dengan komposisi jantung mekanisnya, yaitu tanggal empat bulan empat.


Kawasaki Ninja ZX-25R yang semestinya melaju pada 4 April, bersamaan dengan helatan Kawasaki Bike Week 2020 rupanya diurungkan. Acara itu mau tak mau diundur karena wabah virus Corona. Seluruh gagasan yang telah direncanakan secara masak harus gagal. Info itu bahkan juga dipublikasikan langsung oleh KMI.


Dekati 4 April 2020, KMI umumkan penangguhan untuk memajang Ninja ZX-25R di Kawasaki Abdul Muis. Pasalnya pada bulan itu pemerintahan membuat ketentuan supaya warga masih ada di dalam rumah dan mengaplikasikan social dan physical distancing. Sebab memberikan dukungan saran dari pemerintahan, faksinya inginkan jika customer masih sabar menanti motor sport 250 cc 4 silinder.


Sesudah menyiarkan info dikit demi sedikit, pada akhirnya KMI mengeluarkan dan jual Ninja ZX-25R pada 10 Juli 2020. Motor 250 cc dengan konfigurasi 4 silinder itu dijajakan dalam dua variasi, terbagi dalam type standard yang dipasarkan Rp 96 juta dan versus Special Edition (SE) Rp 112,9 juta on the road Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang. Mulai didistribusi ke customer pada Agustus 2020.


Untuk variasi paling rendah cuman satu pilihan warna, yakni Metallic Spark Black. Sesaat buat type paling tinggi ada Lime Green / Ebony (KRT livery), Metallic Spark Black / Pearl Flat Stardust White dan Candy Plasma Blue / Metallic Spark Black. Elemen yang membandingkan type standard dengan SE yakni mempunyai tambahan grafis warna, beberapa aksesories seperti pillion seat cover / single seat cover, smoked windshield, frame slider, dan wheel rim tape. Disamping itu sudah pasti feature yang dipasangkan berlainan.


Dari info yang diuraikan, tersingkap jika mesin DOHC 4-silinder segaris mempunyai kubikasi keseluruhan 249,8 cc. Dia mampu mengail daya 49,3 Ponsel pada 15.500 rpm. Sesaat torsi maksimumnya capai 22,9 Nm diperputaran 14.500 rpm. Menurut claim pabrikasi, top-speednya capai 187 kpj.


Karena hadirnya ram air, powernya dapat naik 1 Ponsel. Lubang udara yang terletak di muka itu mulai bekerja di saat motor telah sentuh 100 kpj. Jadi konsumsi udara yang masuk di mesin bisa tingkatkan performa performnya. Hal tersebut sekalian kukuhkan Ninja ZX-25R selaku salah satu motor 250 cc yang memakai perangkat itu.


Dari bidang feature ada KTRC (Kawasaki Traction Control) yang berperan membuat kenyamanan dalam mengemudi dan menahan ban selip di beberapa type jalan. Lantas ada Assist and Slipper Clutch yang di inspirasi dari motor balap, membuat peranan pembatasan torsi baik sekali. Selanjutnya KQS (Kawasaki Quick Shifter) down/up yang cuman ada di variasi SE. Feature itu bekerja waktu naik atau turun gigi, jadi tidak perlu kembali kurangi gas dan ambil kopling.


Ada juga opsi model full atau low power, membuat pengendara bisa mengendalikan saluran tenaga sesuai keadaan dan opsi. Bisa dimaksimalkan di saat cuaca buruk, atau disamakan dengan keadaan jalan.


Seterusnya Electronic Throttle Valves (ETV) yang diperlengkapi dengan high-spec ECU. Perangkat itu bisa mengatur volume bahan bakar (lewat fuelinjector) dan udara (lewat throttle valves) ke mesin, hingga memberi tanggapan mesin yang lembut. Disamping itu membuat pengendaranya dengan gampang memakai Kawasaki electronic pembalap suport sistem seperti traction control, selectable power modes dan dual-direction quick shifter.


Kerangka sang Ninja baru berjantung 4-silinder gunakan teralis yang dibikin dengan bahan high tensile steel bermutu. Design sasisnya di inspirasi dari motor balap Kawasaki di gelaran World Superbike. Diperlengkapi dengan part-part terhebat, seperti SFF-BP (Separate Function Fork –Big Piston) 37 mm lanisran Showa di muka dan swing arm banana yang dipertemukan dengan horizontal backlink monoshock. Elemen itu membuat motor ini jadi lincah, dan mempunyai watak handling supersport-style untuk di circuit dan manuver yang enteng waktu di jalan raya.


Secara dimensi, dia mempunyai ukuran 1.980 x 750 x 1.110 mm (PxLxT). Wheelbase 1.380, ground clereance 125 mm dan tinggi jok 785 mm. Untuk bak bahan bakarnya memiliki 15 liter. Sesaat rodanya memakai 110/70-17 dan 150/60-17 (depan-belakang). Diperlengkapi dengan rem depan type radial-monobloc caliper dan cakram belakang dengan diameter 186 mm yang diapit satu kaliper.


Tidak ada seremoni spesial, PT Astra Honda Motor (AHM) mengeluarkan Honda CBR250RR terkini di Indonesia. Unit baru ini memperoleh peralatan baru berbentuk quick shifter dan Assist and Slipper Clutch. Sekalian jadi variasi paling tinggi yang dijajakan faksi pemegang merk ke customer di Tanah Air.


Honda CBR250RR SP Quick Shifter diberi mesin terkini yang hasilkan tenaga, torsi, dan kecepatan pucuk lebih maksimal bagus untuk lajur perkotaan atau circuit. Quick shifter misalkan, diperuntukkan untuk mempermudah pemakai waktu lakukan penggantian gigi, tak perlu mendesak tuas kopling. Feature ini punyai empat penataan. Yakni, model yang aktifkan Quick Shifter untuk meningkatkan dan turunkan gigi, untuk meningkatkan gigi saja, untuk turunkan gigi saja dan model Quick Shifter off. Seluruh model Quick Shifter yang didatangkan bisa mengikut kemauan mengemudi sesuai DNA Keseluruhan Control yang dibawanya.


Ya, lebih bermacam daripada penawaran quick shifter punya Kawasaki Ninja ZX-25R - cuman upshift dan downshift saja dan tiada penataan. Disamping itu, PT AHM memutuskan standard baru selaku motor sport 250 cc dua silinder pertama di Indonesia yang mempunyai kelengkapan quick shifter. Claim ini pasti sah, soalnya, walau Kawasaki Ninja ZX-25R jadi 250 cc yang pertama, dia punyai jumlah silinder 4 biji, sesaat CBR250RR cuman 2.


Piranti itu lalu ditemani Assist and Slipper Clutch, berperan membuat operasionalisasi kopling lebih enteng dan mereduksi tanda-tanda roda belakang terkunci saat pemakai CBR20RR SP Quick Shifter turunkan gigi secara agresif waktu pengereman.


Honda CBR250RR SP Quick Shifter mengangkat mesin berperforma terkini yang terhebat hasil produksi anak negeri, mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup yang compact ini bisa hasilkan tenaga optimal 40,2 Ponsel pada 13.000 rpm dan 25 Nm diperputaran mesin 11.000 rpm. Tidak hanya itu, rasio kompresinya juga ikut dinaikan dari 11,5:1 jadi 12:1. Automatis juga mengangkat catatan akselerasinya dibandingkan versus pandahulu. PT AHM mengakui CBR250RR 2020 cuman perlu waktu 8,65 detik untuk capai jarak 0-200 mtr.. Sesaat kecepatan pucuk ialah 172 km/jam.


Tidak tertinggal, Throttle By Wire sebagai pendobrak standard baru waktu Honda CBR250RR pertamanya kali dikeluarkan. Untuk mengoptimalkan manfaatnya, dia diperlengkapi riding model selector hingga pengendara bisa nikmati mengemudi di beberapa keadaan jalan, mulai mengemudi secara agresif di circuit sampai jalanan padat perkotaan. Mempunyai tiga opsi yakni Comfort, Sport dan Sport +. Dapat ditata sama opsi pengendara. Tentu saja juga CBR250RR SP Quick Shifter ini disemati mekanisme pengereman anti-lock braking sistem (ABS).


Untuk pasar Indonesia, CBR250RR SP Quick Shifter dijajakan dalam tiga pilihan warna. Mencakup Bravery Red Black, Honda Racing Red dan Special Edition Garuda x Samurai selaku warna istimewa mengingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Semasing dipasarkan Rp 76,7 juta (Red Black) dan Rp 77,3 juta (Racing Red) dan Rp 77,7 juta (Special Edition).


Sesudah diperkenalkan di EICMA 2019, Honda CBR1000RR-R Fireblade pada akhirnya sah dipasarkan di Indonesia. Dijajakan dalam dua variasi, type STD dengan warna hitam (Matte Pearl Morion Black), dan type SP dengan warna ciri khas Honda Tricolor. Ke-2 nya ditawarkan pada harga Rp 990 juta (Standard) dan Rp 1,1 Miliar untuk type SP (OTR DKI Jakarta).


Karena mengangkat nama baru, selayaknya juga ada peningkatan di situ. Evolusi yang dikerjakan terhadapnya bahkan juga termasuk masif dan radikal. Penyuguhan begitu pasti tidak akan sama dengan Fireblade mode usang. CBR Triple R dibuat lebih agresif. Lihat saja penampilan muka dengan wujud lampu khusus LED yang memandang bengis ini. Ditambahkan lagi peletakan ram air (lubang udara) besar dibagian tengah - janjikan pendinginan maksimal ke airbox. Apa lagi telah ada tehnologi Built-in Bottom Bypass, yang sanggup menyalurkan air radiator ke elemen khusus mesin disebutkan 'water jacket'. Lantas, ada juga New Multi-point Piston Jet buat menyemprotkan pelumas pendingin pada piston dari bermacam arah. Pekerjaannya jaga suhu piston dan kurangi gesekan berlebihan di bidang mesin.


Rombakan besar gantengg terang tertuju di bagian fairing. Ada tiga buah winglet bersatu dengan badan. Idenya berawal dari aplikasi sama RC213V versus 2018. Walau tidak dapat dibedah, manfaatnya masih sama, yaitu memperoleh aerodinamika dan downforce optimal saat meluncur di kecepatan tinggi atau masuk-keluar kelokan. Satu pertanda hal DNA MotoGP barusan dituangkan melalui penerapan simbol HRC (Honda Racing Corporation).


Ubahan badan ini kenyataannya bentuk sinkronisasi karena berlangsung juga peningkatan pada bidang mesin. Kemampuan mesin masih DOHC 4-silinder segaris 999,9 cc. Tetapi jantung mekanis CBR1000RR-R sudah diolah seperti kuda besi Marc Marquez dengan Bore x stroke sekarang 81 x 48,5 mm. Tenaga optimal sanggup mencapai 214,5 Ponsel/14.500 rpm. Bertambah dari Fireblade lama yang memiliki kemampuan 189 Ponsel/14.500 rpm - berdiameter dan cara piston: 76 x 55,1 mm.


Disebutkan oleh faksi AHM, dalaman CBR1000RR-R Fireblade ketahuan Piston memiliki bahan aluminium tempa (Forged Aluminium). Dengan semasing elemen (ada 4 biji) memiliki bobot lebih enteng 5 % dibanding mode awalnya, sekalian meningkatkan kemampuan dan ketahanannya.


Sesaat untuk camshaft, dikasih susunan spesial disebutkan Diamond Like Carbon (DLC). Diperuntukkan untuk kurangi friksi sampai 35 % daripada elemen non-DLC. Selanjutnya Connecting rods (konrod), menggunakan material titanium, hingga sisi ini beratnya menyusut 50 %. Walau perombakan di jantung mekanis ini tidak berpengaruh pada peristiwa puntir. Torsi CBR1000RR-R Fireblade masih sama dengan mode sebelumnya yakni 113 Nm pada 12.500 rpm.


Keseluruhnya output CBR1000RR-R Fireblade bersanding dengan piranti elektronik lengkap. Sebutlah saja Throttle by Wire yang menyediakan bukaan gas presisi. Selanjutnya Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis yang bekerja menghitung status sepeda motor dalam enam axis (sumbu). Perangkat ini kerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD). Feature ini mempunyai tiga model penataan (hard, media, soft), bermanfaat untuk tentukan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi dan menikung.


Dia juga diberi tiga model mengemudi. Opsinya Model 1,2 dan 3. Nanti bisa ditata sendiri besaran tenaga, kontrol torsi HSTC, engine brake, wheelie kontrol dan suspensinya. Semasing feature bisa ditata secara pribadi sama keperluan pengendara. Untuk output tenaga ada 5 geprekelan, HSTC (Honda Selectable Torqure Control) 9 setel, engine brake 3 opsi, terhitung wheelie control dan suspensi yang sediakan tiga tingkat.


Untuk mekanisme rem ABS-nya, bisa juga ditata. Opsi Sport bisa digunakan untuk pemakaian jalanan. Sedang model Trek untuk penuhi keperluan di trek balap. Ini masih ditambah dengan Rear Lift Control yang menghapus kekuatan ban belakang terangkat sebab rem begitu dalam.

Postingan populer dari blog ini

effects on the metabolism and lifespan