Ini 5 Motor Paling Menarik Pilihan OTO Sepanjang Tahun Ini
dibenahi ansu fati di barcelona
Walau wabah Covid-19 menghajar industri otomotif Tanah Air, tetapi beberapa pabrikasi masih cepat mendatangkan beberapa model baru. Tentu saja untuk selalu memancing ketertarikan customer belanja dan beli beberapa produk mereka. Beberapa model yang dikenalkan mencakup bermacam fragmen dan tipe, dari adventure sampai skutik entry tingkat.
Antara deretan nama, tentu saja ada yang membuat Anda ketarik kan? Nah, kami pilih lima motor yang paling pantas memiliki posisi bintang pentas. Dipandang dari cakup pandang luas, berdasar macamnya. Apa opsinya?
Tahun ini tidak kurang dari 3 motor petualang baru tampil ke atas. Segmentasinya beberapa macam, dari yang ukuran tambahan sampai buat pemula. Sebutkan Triumph Tiger Rally 900, Honda CRF 1100L Africa Twin, Royal Enfield Himalayan, dan KTM 390 Adventure. Tetapi menurut kami, paling menggedor pentas adalah nama paling akhir yang disebut, alias adventure garapan group oranye.
Bukan tanpa ada alasan. Pasalnya semua kelengkapan bertualang mereka bungkus dalam nilai jual logis. Bahkan juga, beda tidak sampai Rp 5 juta dari Royal Enfield Himalayan – yang notabene punyai feature minim – persisnya Rp 119 juta OTR Jakarta. Pasti, ini karena proses perakitannya telah lokal.
Secara produk sangat tarik dan dapat dijangkau. Mereka mengetahui benar petualang tidak cuman perlu perform motor maksimal. Ketergantungan dengan gawai dan semua manfaatnya pasti menempel pada si pembalap, juga waktu pergi jauh. Karenanya monitor TFT 6,5 inch dapat membaca beberapa hal. Diantaranya jaringan Bluetooth ke smartphone.Mereka mengatakan KTM My Ride. Software ini memungkinkannya Anda lakukan panggilan telephone, dengarkan musik, dan pilihan navigasi dengan penampilan seperti piktogram. Sarana ini terang menolong waktu mengemudi sekalian melipur. Dan nampaknya jarang-jarang diketemukan pada motor sekelas ini.
Display datanya juga lengkap. Info berkaitan trip mtr., waktu jelajahi, kecepatan rerata, dan konsumsi bahan bakar dicatat rapi. Berikut tanggal, voltase aki, suhu mesin dan data esensial menyinggung keadaan motor. Menu home screen ikut dapat ditukar seperti yang Anda butuhkan. Menyaksikan presentasi selengkap itu, rasa-rasanya berkenaan penerangan tidak perlu ditanyakan kembali telah LED atau belum.
Itu baru elektronik berkaitan selingan dan esensial. Masihlah ada mekanisme tersambung dengan kualitas mengemudi, diantaranya throttle-by-wire. Proses membuka tutup gas elektronik ini tentu saja mendistribusi bahan bakar lebih presisi, seperti yang diperlukan. Karenanya juga, 390 diperlengkapi Motorcycle Traction Control (MTC). Akhirnya translasi tenaga mesin ke roda belakang masih terlindungi, alias tidak terlalu berlebih hingga mengakibatkan spinning.
KTM menempatkan girboks enam pemercepatan manual selaku penyalur daya. Serupa milik seri 390 yang lain (Duke dan RC). Berarti assist dan slipper clutch sudah jadi bawaan. Selalu jaga proses engine brake tidak terlalu keras dan mencelakakan (ban mengamankan), dan memperhalus proses berpindah gigi. Baiknya kembali, tuas kopling harusnya berasa enteng karena ada assist clutch.
Kemungkinan hal barusan masih termasuk standard. Tetapi KTM tidak berhenti di sana, mereka membuat surprise. Pada seri Adventure disisipkan piranti quick shifter dan auto blipper – memungkinkannya Anda mencungkil dan mencapai pedal gigi tak perlu tarik kopling. Waktu akan bermanuver liar di medan tanah, tidak perlu kembali pusing mengendalikan momen Ambil tuas. Cukup konsentrasi memegang stang dan arahkan pergerakan.
Sebagian besar baris KTM punyai susunan dan suspensi serba kekar. Tidak kecuali 390 Adventure. Frame teralis lebih kurang sama dengan seri sekelasnya. Tetapi tempat subframe dibikin memanjang, dipungut langsung dari punya 450 Rally – versus penggaruk tanah lebih advance.
Lalu diperbantukan fork upside down 43 mm WP Apex dengan bermacam setel. Untuk sesuaikan tingkat preload, damping, dan rebound demikian gampang. Tinggal putar penguncian di atas shock saja. Travelnya panjang, capai 170 mm.
Begitupun belakangnya. Monoshock WP disiapkan dengan setel komplet, dan jarak main 177 mm. Siap disiksa di medan aktif, ingat hasilkan ground clearance sampai 200 mm. Namun ada yang dipertaruhkan. Tinggi jok ke tanah sentuh 855 mm, alias lumayan tinggi untuk bentuk standard orang Indonesia.
Perangkat deselerasi dioptimalisasi juga dengan piringan cakram 320 mm di muka dan 220 mm belakang. Semasing diapit kaliper empat piston dan satu piston. Dan ABS dua saluran. Telah oke kan?
Tetapi karena dia sejenis adventure – akan seringkali menyantap medan offroad – KTM memikir lebih jauh. Peranan ABS roda belakang dapat dimatikan. Ini berkaitan dengan style mengemudi atas tanah yang terkadang perlu feature berkaitan tidak diaktifkan. Pandai.
Jantung picu dengan konfigurasi silinder tunggal 373,2 cc DOHC empat katup, sama ukuran diameter silinder 89 mm dan cara 60 mm. Overbore. Meskipun demikian, perolehan tenaga ada diperputaran tidak begitu tinggi. Daya 43 Ponsel bisa keluar di 9.000 rpm dan torsi 37 Nm mencapai puncak pada 7.500 rpm. Tentunya cukup buat tarik beban keseluruhan 158 kg, malahan condong mempunyai power-to-weight ratio terhebat dalam kelasnya. Menariknya kembali, claim konsumsi bahan bakar ada di angka 29 kpl.
Tahun ini tipe sport fairing tidak demikian ramai. Tetapi produk yang dikeluarkan sangat penting karena mendapatkan rombakan tehnis signifkan, tentang hal yang 100 % baru. Kita ingat dengan diawali timbulnya Kawasaki Ninja ZX-25R, dilanjut Honda CBR250RR SP, dan paling akhir CBR1000RR-R. Gampang sekali menebaknya, pasti aktris kesempatan ini ialah sang Ninja empat silinder.
Seluruh karena amunisi dapur picu empat silinder segaris 249cc DOHC berpendingin cairan. Ini jadi salah satu hingga pantas disebutkan revolusioner. Karena mana kembali sport seperempat liter gunakan komposisi ini? Serangkaian bore dibikin besar, sesaat stroke benar-benar pendek (50 mm x 31,8 mm). Akhirnya piston mengayun bisa lebih cepat, buas diperputaran tinggi.
Daya maksimumnya capai 49,3 Ponsel/15.500 rpm dan dapat sentuh 50,3 Ponsel waktu center ram air aktif di atas 100 kpj. Sesaat torsi pucuk tidak kalah menakutkan, 22,9 Nm/14.500 rpm. Bahkan juga perputaran mesin bisa teriak sampai 17.000 rpm dan kecepatan maksimal diklaim 187 kpj. Impresif.
Semakin memikat masalah piranti pendukungnya. Girboks enam pemercepatan dipadukan tehnologi Kawasaki Quick Shifter (KQS), memungkinkannya pengendara upshift atau downshit tiada kopling, saat di atas 2.500 rpm. Rasa-rasanya ini jadi idaman seluruh orang yang menyukai motor sport kan?
Pasti tidak hanya itu. Ada juga assist dan slipper clutch untuk bikin rasa mengemudi semakin nyaman. Tuas kopling tentunya berasa enteng, ditambahkan lagi ada lever clutch. Dan yang penting juga, slipper clutch jaga ban tidak selip atau terkunci waktu acara turun gigi. Ini cukup penting berada di satu motor perform.
Feature dan elemen pengontrolannya pantas dapat acungan jempol. Electronic Throttle Valves (ETV) misalkan, mengatur jumlah bahan bakar dan udara ke mesin secara presisi. Akhirnya tidak cuma pas target, Anda juga dapat pilih pilihan power modes, yang mekanisme kerjanya serupa dengan model mengemudi. Tinggal samakan saja pengin memicu liar atau rileks. Semasing punya pengaruh ke tanggapan perputaran gas.
Piranti elektronik barusan ikut mengendalikan kerja Kawasaki Traction Control (KTRC). Ada tiga jenjang kontrol traksi, buat disamakan dengan medan yang dilewati. Bila setiap saat berasa tidak perlu,mekanisme dapat dimatikan keseluruhan.
Dia mempunyai kerangka teralis yang rancang bangunnya dipungut dari ZX-10RR, tunggangan team Kawasaki di gelaran World Superbike. Watak handling disebutkan terampil dalam kota, sekalian agresif di circuit. Lengan ayun panjang dan status silencer pendek menyengaja dibikin supaya mempunyai titik tengah gravitasi terhebat.
Semakin memikat, elemen pendukungnya berspesifikasi tinggi.Sisi depan didukung fork upside down 37 mm dengan intern SFF-BP (Separate Function Fork – Big Piston) bikinan Showa. Sesaat belakangnya kenakan horizontal backlink suspension, atau umum disebutkan shock tidur. Pertama di kelas 250 cc dan disebutkan oke untuk melewati circuit, atau pemakaian setiap hari.
Perangkat deselerasi pasti maksimal, ingat pergerakannya kuat. Disc brake semi floating 310 mm diapit kaliper empat piston, sesaat belakangnya 220 mm berkaliper satu piston. Komplet dengan ABS dua saluran (variasi atas).
Selanjutnya ban Dunlop GPR 300 radial membuntel pelek lima palang. Ukuran 150/60 17 inch ada di belakang, dan 110/70 17 inch di muka. Kecuali maksimal mencengkeram aspal, ban ini disebutkan lumayan ringan.
Ninja ZX-25R dipasarkan dalam dua paket. Variasi termurah dilego RP 96 juta OTR Jabodetabekser. Paket cuman ada dalam warna Metallic Spark Black. Dan kecuali perform buas mesin empat silinder, Anda tidak dapat nikmati feature quick shifter dan perangkat ABS. Jika ingin nikmati paket komplet, sila tentukan seri Special Edition sebesar Rp 112,9 juta OTR Jabodetabekser.
Antara banyak skutik entry tingkat, perombakan dan kenaikan tehnologi Honda Scoopy rasa-rasanya paling berarti. Sekurang-kurangnya saat di banding Beat, Suzuki Nex Crossover, atau Yamaha Gear 125 sekalinya. Kenapa dapat demikian?
Dimulai dari sarana bawaannya saja demikian lengkap. Penerangan seumpama, jadi salah satu gunakan lampu LED projector. Tentang hal socket daya mode baru. Dalam konsol kiri, dahulu Anda membutuhkan konektor untuk dapat isi baterei gawai. Sekarang, keluh kesah simpel itu didengar faksi produksi. Dan pada akhirnya diterjemahkan-lah tipe socket USB, agar tidak ribet kembali membeli penyambung kabel. Tinggal terapkan melalui kabel bawaan hp saja.
Panel instrumen sekilas seperti tidak makin bertambah menu. Toh kecepatan masih diperlihatkan oleh jarum teknisi, didampingi monitor digital lumayan kecil. Tetapi, sebenarnya ada tambahan info yang cukup penting. Scoopy angkatan baru ikut tampilkan konsumsi bahan bakar rerata dan real time, menolong pengendara mengenali sikap berkendaranya.
Nah, spesial variasi Mode dan Sporty baru mendapatkan remote anti-theft dan answer back sistem. Jika menambahkan beberapa ratus ribu rupiah untuk variasi atas, Anda akan dimanja dengan mekanisme kunci pandai. Macamnya persis sama dengan punya Vario 150. Alias tinggal aktifkan kenop untuk menghidupkan mesin, sesaat kunci dapat dikantongi.
Atas penerapan kerangka eSAF, Scoopy sukses membuat beratnya menyusut. Semula nyaris 100 kg, saat ini type standard cuman 94 kg dan yang gunakan smart key 95 kg. Benar-benar tidak sesignifikan Beat dan Genio yang dapat meredam angka berat di range 89 kg – 90 kg. Tetapi rasa-rasanya beda 4 kg juga akan cukup berasa. Berikut harusnya punyai impresi ketangkasan dan kenyamanan serupa saudara-saudaranya.
Lalu mesin, sila ingin dipandang selaku kekurangan, atau kelebihan. Bergantung bagaimana Anda menanggapi. Mesin lama Scoopy tidak akan digunakan. Sekarang mentah-mentah ambil pangkalan Genio, 110 cc eSP SOHC dua klep dengan mekanisme injeksi elektronik (PGM-FI). Bore dan stroke betul-betul tepat di angka 47 mm x 63,1 mm, alias diperpanjang cara untuk keperluan dalam kota. Dan rasio kompresi 10:1. Daya kudanya sama, menghasilkan 8,87 Ponsel di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.
Sebenarnya, ini menyusut sedikit dari output Scoopy lama. Walau dalam perhitungan desimal. Tetapi rasa-rasanya perlakuan Honda jadi logis, sebab toh beban motornya menyusut banyak. Jadi berkaitan-relevan saja mengimplementasikan mesin Genio. Dan keutamaan kembali, konsumsi bahan bakar semakin hemat. Claim-nya di 59,1 kpl bila ISS berpijar, plus kemampuan tampung bensin makin bertambah jadi 4,2-liter. Automatis jarak menempuh harusnya bisa lebih jauh dari saat sebelum.
Ada empat variasi topik, dan dua pembagian trim tingkat Scoopy baru. Pisahkan empat watak berlainan, sekalian membagi kelengkapan feature sama keperluan. Karena itu nilai jualnya tidak tunggal kembali. Dari semula Rp 19,750 juta OTR Jakarta jadi Rp 19,950 juta – Rp 20,750 juta OTR Jakarta.
Perbedaannya, trim tingkat bawah diwakilkan seri Sporty dan Mode. Sporty condong dibungkus dalam nuansa basic, yaitu pilihan cat merah dan hitam. Mode tentu saja lebih gesturf, sekalian paling representatif untuk disebutkan skutik retro. Topiknya disebutkan Mode Blue dan Mode Krim, dengan silang warna coklat di jok dan beberapa dialek grafis ceria.
Lalu Fashionable dan Prestige, ditaruh pada kelas atas. Alias punyai mekanisme smart key. Semasing tampil menawan. Fashionable dengan opsi warna coklat dan merah, Prestige tampilkan warna putih dan hitam.
Awalnya 2020 Yamaha pada akhirnya sah mengeluarkan All New Nmax dan harga dan variasinya. Sampai tahun akhir, cara ini bahkan juga tidak dituruti si pesaing khusus, Honda PCX. Oleh karena itu semua perombakan dalam Nmax absolut mendapatkan dua jempol. Karena tidak ada kembali penawaran sebagus dianya di kelas skuter premium 150 cc.
Hal yang awalnya dipandang kelemahan dari Nmax, berbeda keseluruhan. Bahkan juga melewati kekuatan PCX selaku pesaing. Seumpama dengan hadirnya kunci pandai, Setop Start Sistem, sampai sambungan gawai. YA, serangkai info sekarang dapat Anda akses lewat singkronisasi program Y-Connect. Baik data kendaraan berikut posisi paling akhir parkirkan terkirim ke gawai. Begitupun pemberitahuan telephone, SMS, sampai e-mail akan tampil di monitor instrumen. Tetapi, piranti ini baru berada di seri tengah ke atas. Yang dibandrol Rp 31 juta – Rp 32,26 juta OTR Jakarta.
Bila ambil seri paling tinggi, bisa tambahan kembali. Ialah sensor ABS dua saluran selalu jaga pengereman keras dari pergerakan kuat. Agar tidak mengamankan dan bisa ditujukan. Dan keutamaan, Nmax baru variasi atas mempunyai kontrol traksi yang bisa dinyala-matikan. Ini belum berada di pesaing sekelas mana saja.
Nah, jika beli yang seri terikuth benar-benar cukup minim. ABS dan kontrol traksi tentunya mangkir. Program Y-Connect tidak dapat dioperasionalkan. Salah satu feature tambahan dari angkatan lama adalah colokan pengisi energi. Tetapi, harga jualnya masih di bawah Rp 30 juta.